Business Driven Websites

Ada banyak orang memiliki persepsi yang salah mengenai website. Mereka mengira bahwa bisnis hanya ada di website e-commerce atau di website yang menyediakan sarana untuk transaksi. Tetapi tujuan sebuah website sebenarnya bukan ditentukan dari fitur ataupun sarana yang disediakan, melainkan dari motivasi awal mengapa website tersebut dibangun.

Semua website dibuat dengan tujuan tertentu, demikian juga dengan website perusahaan Anda. Situs tersebut mewakili perusahaan Anda di ranah online. Dan selaras dengan perusahaan Anda yang dibentuk dengan tujuan bisnis, website Anda pun sudah sewajarnya memiliki tujuan yang serupa.

Sayangnya, kebanyakan website yang ada sekarang tidak memiliki tujuan bisnis yang jelas. Banyak situs korporat resmi yang dibuat seadanya, seakan-akan dibuat dengan tujuan untuk menjadi kartu nama online.

Potensi yang terpendam

Website Anda bisa dimanfaatkan sebagai sebuah tempat yang lebih daripada sekedar menjadi kartu nama online.

Beberapa contoh:

  • Tempat orang berinteraksi dengan bisnis anda
  • Tempat referensi yang berbobot
  • Menciptakan leads
  • Menghasilkan pendapatan

Atau garis besarnya, situs perusahaan Anda bisa menjadi sebuah jembatan di mana peluang-peluang bisnis bisa terjadi secara nyata!

Dan sekali lagi ini sama sekali tidak memerlukan sarana-sarana tambahan apalagi fitur-fitur custom yang mahal.

Karena Anda sadari ataupun tidak, sebenarnya Anda sudah menjadikan situs Anda sebagai tempat bisnis. Hanya saja mungkin Anda belum menyadarinya atau belum mengapresiasinya sebagai tempat di mana bisnis bisa terjadi.

Tidak percaya?

Coba lihat website Anda, pasti ada bagian Contact. Mungkin selama ini Anda mengira bagian tersebut disediakan karena begitulah standarnya. Tetapi tidak demikian, Contact Us ada di situs kita karena kita ingin memfasilitasi pengunjung yang ingin menghubungi kita. Bagian tersebut disediakan agar pengunjung situs Anda bisa menghubungi pihak yang terkait dengan mudah. Dan jika mereka sampai membuat kontak dengan perusahaan Anda melalui website, biasanya untuk tujuan bisnis.

Tujuan yang jelas

Semua website korporat (maupun personal) dibuat dengan tujuan bisnis yang jelas. Hanya saja dalam implementasinya, banyak pihak yang kehilangan arah tujuan. Isi websitenya menjadi tidak mencerminkan tujuan asal. Biasanya karena mereka ingin mengakomodir desain yang artistik, atau fitur-fitur yang mutakhir.

Di sini saya tidak bermaksud untuk mengatakan bahwa website dengan desain kontemporer atau fitur canggih akan menghambat tujuan bisnis website tersebut. Poin saya adalah: jika website Anda dibuat untuk tujuan bisnis, website tersebut seharusnya melaksanakan tugasnya dengan menjual (secara langsung maupun tidak langsung) layanan ataupun produk yang perusahaan Anda tawarkan; terlepas dari desain dan fitur.

Desain yang digunakan dan fitur yang disediakan sudah seyogyanya memfasilitasi tujuan awal dari website tersebut yaitu, bisnis.

Web Analytics

“Sekedar menjual” dan “Menjual dengan efektif” adalah 2 hal yang berbeda. Apakah anda tahu efektif atau tidaknya website Anda dalam menjual?

Web Analytics dapat memberikan informasi tersebut kepada Anda. Salah satu contoh tool Web Analytics adalah Google Analytics.

Kalau Anda belum mengimplementasikannya, jangan khawatir karena caranya sangat mudah. Anda hanya perlu untuk mengcopy sepenggal kode dan memasangkannya di web Anda. Tool ini bekerja untuk mengkoleksi data penggunaan website Anda secara anonymous (data pribadi pengunjung tidak akan dikoleksi). Contoh: Anda bisa tahu, secara kolektif, halaman mana saja yang dibuka oleh pengunjung situs Anda, berapa lama mereka tinggal di halaman tersebut, dari situs mana mereka datang, dan sebagainya.

Beri waktu 1 minggu dan implementasi dasar ini sudah dapat membuka berbagai macam wawasan yang tidak akan pernah Anda ketahui melalui tampilan depan situs Anda. Anda bisa mencari tahu hal-hal yang berhubungan dengan bisnis Anda, seperti:

  • Kunjungan dari situs manakah yang paling menghasilkan banyak pendapatan bagi Anda?
  • Halaman manakah yang memberikan kontribusi paling besar bagi penjualan di situs Anda?
  • Apakah desain dan fitur di situs Anda distracting atau kondusif terhadap tujuan utama situs?
  • Apakah hasil dari usaha digital marketing Anda sesuai dengan biaya yang dikeluarkan?
  • Dan masih banyak lagi

Wawasan yang mengarahkan

Poinnya di sini adalah dengan menjalankan Web Analytics, Anda akan mendapatkan data bagaimana para pengunjung menggunakan situs Anda. Data inilah yang selanjutnya dapat diproses oleh para Web Analyst untuk menjadi informasi, wawasan yang membuka peluang-peluang yang baru. Bagian dari situs yang kondusif untuk perkembangan bisnis bisa disimpan bahkan ditingkatkan dan bagian yang kurang menghasilkan dapat dikurangi ataupun dieliminasi.

Kita sering meragu-ragukan apakah situs kita sudah cukup baik. Apakah desain kita sudah cukup menarik mata dan enak dilihat? Apakah copy writing kita sudah sesuai dengan target dan persuasif? Apakah arsitektur web kita sudah baik dan Search Engine friendly? Keraguan tersebut tidak akan pernah dipuaskan sebelum kita keluar dari pola pikir kreatif idealis dan melihat realita dari data yang ada.

Data data data!

Kita perlu data untuk memberikan justifikasi bahwa usaha kita selama ini sebenarnya membuahkan hasil (atau tidak). Datalah yang akan memberikan kita masukan dan arahan untuk menjadi lebih baik ke depannya.

Kalau pun ternyata, berdasarkan data yang diperoleh usaha kita tidak berhasil mencapai target, kita dapat mulai mencari tahu mengapa. Kita dapat belajar dari kesalahan yang telah dibuat dan mencoba memperbaikinya secepat mungkin. Tidak ada lagi tebak-menebak; tidak ada lagi kompromi karena ketidak-tahuan; tidak ada lagi usaha yang hanya berdasarkan perasaan/keyakinan.

Konklusi

Sebagai orang-orang kreatif, sangatlah wajar bagi kita untuk bermain-main dengan konsep website yang unik, menarik, baru, bahkan revolusioner. Tetapi kita juga harus tetap ingat bahwa semuanya itu dilakukan demi sebuah kepentingan bisnis.

Sebelum kita duduk tenang dan benar-benar meluangkan waktu untuk menganalisa apakah hasil usaha kita sebanding dengan tenaga, waktu dan biaya yang dikeluarkan, kita akan selalu melangkah dengan mata tertutup. Kita akan terus mencoba-coba tanpa pernah sungguh-sungguh mengetahui apakah yang kita sudah lakukan dengan benar dan yang mana yang masih harus diperbaiki.

Sebagai pesan penutup, saya ingin mengajak kita semua untuk mulai melihat keluar. Dunia online sangatlah luas, banyak peluang yang tersedia dan ada bermacam-macam hal yang bisa Anda lakukan dengan website Anda. Peroleh data performa website Anda dengan menerapkan Web Analytics sekarang juga dan selaraskan perkembangan situs Anda dengan informasi yang Anda dapat.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s